Jumat, 01 Juni 2018

Hati-hati Penipuan Lowongan Kerja Online

Hati-hati Penipuan Lowongan Kerja Online

Hati-hati Penipuan Lowongan Kerja Online
Berikut adalah beberapa tips untuk mengetahui penipuan lowongan kerja online :

Bedakan antara lowongan kerja dan bisnis (bisnis mlm/komisi)
Karena kadang ada lowongan yang menuliskan gaji semaunya atau kerja santai tapi di bayar, karena kalau gaji semaunya kenapa dia membuka info lowongan lagi mungkin dia akan kaya sendiri dan tidak akan menginformasikan kepada orang lain dan info kerja santai tapi di bayar kalau memang ada dia akan memasukan semua keluarga , saudara, teman dan orang di sekitarnya kenapa dia repot-repot harus buka lowongan lagi.

Lowongan kerja itu jelas memiliki kontrak kerja (baik honor / karyawan tetap) 
sehingga apabila ada salah satu pihak yang di rugikan anda bisa melakukan pengaduan ke dinas tenaga kerja

Memiliki koordinasi kerja yang jelas. 
Memiliki atasan di mana kita bertanggung jawab kepada atasan kita, memiliki struktur kerja dan aturan tata kerja yang jelas juga.

Ketika melamar jangan mengeluarkan uang. 
Kita ini bekerja untuk mencari uang bukan untuk keluar uang, kecuali kalau kita berbisnis mungkin ada uang kita yang keluar tetapi yang namanya mencari kerja itu dengan kata lain kita mencari uang bukan mengeluarkan uang (kecuali ongkos untuk biaya kita mengirim lamaran dan ongkos ketika kita akan interview sebelum di terima bekerja)

Lowongan yang menuliskan kode nama orang di amplop lamaran ketika melamar.
Lowongan yang menuliskan nama referal/orang yang menginfokan  biasanya adalah lowongan yang nanti apabila kita interview kita akan di iming-imingi di terima tetapi kontrak dulu dan kita harus mengeluarkan uang admin sekian untuk pakaian kerja, admin, dll dan kita akhirnya di minta untuk mencari pelamar lain. pola penipuan seperti ini biasanya akan menerapkan kode pemberi lowongan dan nanti apabila kita bergabung maka pemberi info lowongan akan menerima fee/komisi karena sudah memasukan orang ikut bergabung di perusahaan itu, dari mana asal fee nya? ya dari uang admin yang di setorkan para pelamar baru.

itulah beberapa tips untuk mengetahui penipuan lowongan kerja online, apabila ada info terbaru halaman ini akan di update kembali.


EmoticonEmoticon